Langsung ke konten utama

PROFIL SEKOLAH

PROFIL  SEKOLAH

1.      Nama sekolah              :           SEKOLAH DASAR  KATOLIK  DERU

2.      Alamat

a.       Jalan                :           Jalan Trans Mauponggo - Ende

b.      Desa                :           Leguderu

c.       Kecamatan      :           Boawae

d.      Kabupaten       :           Nagekeo

e.       Propinsi           :           Nusa Tenggara Timur

f.       Kode Pos        :           8 6 4 6 2

g.      Telepon/HP     :           No. HP Kepsek 082 340 682 791

                        :           No Wa  082 235 518 471

 

3.      Tahun berdiri               :           01 Agustus  1925

4.      SK Pendirian               :          

Nomor             :           Ksr.024.5/23/133/1991

Tanggal           :           05 Agustus 1991

5.      SK Ijin Operasional  Sekolah  :

SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Ngada

Nomor                         :           22

Tahun                          :           1981

Tanggal                       :           12 Mei 1981

6.      Status sekolah                         :           Swasta

7.      Yayasan Penyelenggara          :          YASUKDA Perwakilan Wilayah Nagekeo

8.      Akte Notaris Yayasan :          

KANTOR NOTARIS DAN PENJABAT PEMBUAT AKTA TANAH

SILVESTER J. MAMBAITFETO, SH

Jalan Gunung Meja, Nomor 28, Telp. 22512 - KUPANG

Nomor             :           50

Tanggal           :           25 Mei 1987

9.      Nomor Statistik Sekolah (NSS)                      :           1 0 2 2 4 1 7 0 2 0 2 9

10.  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)       :           5 0 3 0 3 1 2 1

11.  Akreditasi  :

Terakhir                       :           20 Maret 2016

Peringkat                     :           B a i k ( B )

12.  Waktu Belajar Mengajar                     :           Pagi Hari

 

      A. PENDAHULUAN

 

   I.  LATAR BELAKANG

            Awal Abad ke-19 di Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo Propinsi Nusa Tenggara Timur belum ada lembaga pendidikan formal. Yang ada hanyalah Karya Pastoral yang dilakukan oleh para Misionaris dari Eropa. Seiring perjalanan waktu para Misionaris ini menyadari bahwa untuk mencerdaskan umatnya tidak cukup hanya dengan karya pastoral tetapi  perlu ada lembaga formal yang khusus bergerak di bidang pendidikan.

Berangkat dari kesadaran itulah  walaupun  dalam keterbatasan mereka dan atas seijin Pemerintah Hindia Belanda para Misionaris bersama tua-tua adat dan para tuan tanah berhasil mendirikan Sekolah tempat untuk Belajar Membaca dan berhitung yang sekarang bernama SDK Deru. Berdasarkan cerita turun temurun kegiatan belajar mereka sudah terjadi sejak tahun 1911. Walaupun akhirnya secara hukum sesuai dengan SK Pendirian Yayasan diakui bahwa SDK Deru secara resmi berdiri tahun 1925.

Sekolah Dasar Katolik Deru, sebagai satu-satunya Sekolah Dasar yang tertua di kabupaten Nagekeo yang  hampir berusia satu abad berusaha agar di usia satu abad nanti mampu menjadi “ Sekolah Unggul” yang layak untuk bersaing di dunia pendidikan modern. Untuk memenuhi kriteria kelayakan itulah maka saat ini lembaga dan stake holder mengajak segenap komponen yang peduli akan pendidikan untuk bergandengan tangan ikut  berjuang

dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada mengantarkan SDK Deru ini mencapai cita-citanya menjadi “Sekolah Unggul.”

 

II.   TUJUAN.

      Tujuan awal berdirinya sekolah ini adalah untuk membantu masyarakat di sekitar kecamatan Boawae agar bisa membaca, menulis dan berhitung.

Tetapi sekarang, seiring perkembangan dan tuntutan jaman tujuan pendirian sekolah ini tidak lagi sekedar membaca, menulis dan berhitung tetapi sudah lebih luas sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan Standar Nasional Pendidikan.

Indikasi tujuan  pendirian sekolah saat ini selanjutnya akan tercermin dalam Visi dan Misi sekolah.

III.  VISI

      “Terwujudnya sekolah katoliksebagai komunitas beriman yang memberikan kesaksian iman dengan melaksanakan pelayanan kasih untuk menciptakan manusia baru yang memiliki keunggulan intelektual emosional dan spiritual.”

 

IV.  MISI

1.Mengembangkan iklim belajar yang menyenangkan

2.Meningkatkan pelayanan yang optimal dalam pemberdayaan siswa dan masyarakat luas

3.Mengusahakan tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran  yang memadai

4.Mengoptimalkan peran serta masyarakat peduli pendidikan

5.   Mengoptimalkan peran guru dalam pendampingan anak didik

       B. KONDISI RIIL SEKOLAH SAAT INI

 

    I.  TANAH

            1.                   Kepemilikan    :           Milik sendiri dari Hibah

            2.                   Status              :           Akte Penyerahan

            3.                   Luas                :            Sekolah induk         :       ± 2498 m2                               

    II.  BANGUNAN/GEDUNG

            1.            Status                                                              :           Milik Sendiri

             2.                   Jumlah Bangunan/Gedung

                                    Sekolah Induk                                     :           2 Unit

                                                                        a. Unit I           :  ( 3 ruangan)             

                                                                        b. Unit II         :  ( 3 ruangan)

              3.                   Keadaan Bangunan                 :    Semua bangunan dalam keadaan baik.

 

     III.  RUANGAN     

 

No

Jenis Ruangan

Jumlah

Keterangan

1.

Ruangan Kelas

7

1 kelas tidak ada ruangan

2.

Ruangan Kepsek

1

 

3.

Ruangan Guru

1

 

4.

Ruangan Perpustakaan

1

 

5.

WC Murid

3

1 keadaan rusak

6.

WC Guru

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV. KEPEGAWAIAN

 

      Keadaan terakhir Bulan Juli 2019

 

1.                   Guru Tetap/PNS                        :        5 orang yang terdiri dari         L  :  1 orang

                                                                                                                   P  :  4 orang

2.                  Guru Tidak Tetap (honorer)       :        6 orang yang terdiri dari         L  :  3  orang

                                                                                                                    P  :  3  orang

3.                   Pegawai Tata Usaha (honorer)                                                           P   :1    Orang

4.                   Pegawai Perpustakaan (honorer )                                                       P   :1    Orang                                                                                                                                                                      

Total Seluruh Staf  di SDK  Deru      :    12 orang   


VIII. IDENTIFIKASI TANTANGAN, SOLUSI DAN PROGRAM KEGIATAN

TANTANGAN YG DIHADAPI

SOLUSI/PEMECAHAN

PROGRAM DAN RENCANA KEGIATAN

1.

Siswa belum maksimal dalam menyerap materi khusus untuk

Mata pelajaran Matematika dan IPA karena media pembelajaran yang kurang memadai.

1.

Mengusahakan penambahan 2 ruangan untuk mata pelajaran IPA dan Matematika

Meningkatkan fasilitas pembelajaran dengan system Moving Class, serta menggunakan  modul bagi siswa serta perangkat ICT (LCD)

2.

Mengusahakan pengadaan LCD Projektor

3.

Mengusahakan pengadaan laptop untuk guru pembimbing

 

 

 

 

 

2.

Siswa saat ini masih sangat tertinggal dalam  mengakses informasi baik global maupun domestic karena kurangnya sarana dan ketidakmampuan siswa dalam mengoperasikan computer dan bahasa Inggris

1.

Mengusahakan pengadaan  Lab. Bahasa serta perangkat/media pendukungnya

Dari keadaan tersebut maka lembaga telah memasukan Rencana pengadaan lab. bahasa dan computer serta penambahan satu tenaga khusus computer dalam program  kegiatan menyongsong 1 abad.

2.

Mengusahakan 1 ruangan untuk computer

3.

Mengusahakan ± 25 Unit komputer untuk siswa

4.

Mengusahakan penambahan 1 tenaga khusus untuk pelajaran komputer

3.

 

Hampir setiap tahun di awal semester genap sekolah dan orang tua murid membangun/menyiapkan asrama darurat untuk persiapan menyongsong UAN yang mana sangat tidak efektif karena selain keadaannya sangat memprihatinkan   dan hanya bertahan paling lama satu tahun. Ini sangat menganggu proses persiapan siswa untuk memenangkan  Ujian Akhir Nasional. (UAN)

1.

Mengusaha kan pengadan asrama untuk kelas VI (enam)

Pengadaan asrama untuk kelas VI dimasukan sebagai salah satu program prioritas menuju satu abad SDK Deru

4.

 

Dari semua yang dikerjakan baik oleh sekolah maupun stake holder sangat rawan jika tidak dilindungi oleh situasi dan kondisi sekolah yang kondusif. Kondisi Sekolah saat ini sangat terbuka tanpa pagar sekolah yang baik. Hewan atau pun manusia bebas untuk keluar masuk lingkungan sekolah.

1.

Mengusahakan Lantai halaman sekolah

Program pambangunan lantai halaman sekolah telah menjadi agenda utama dalam  program pembangunan di SDK Deru

5.

 

Kondisi  halaman SDK Deru sangat rentan terhadap bahaya longsoran . Hal  ini disebabkan karena batas halaman sekolah dan lapangan olahraga mempunyai kemiringan yang mencapai ± 900 tanpa adanya tembok penyokong.

 

1.

Mengusahakan tembok penyokong halaman sekolah (yang merupakan batas pinggir lapangan olahraga)

Pembangunan tembok penyokong gedung sekolah karena berdekatan dengan kali jarak antara gedung dan kali kurang lebih 10 meter.

 

          Dari analisis tantangan. solusi, dan program maka dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapai harus segera diatasi dengan solusi/pemecahan yang dituangkan dalam program dan rencana kegiatan menyongsong 1 (satu)  abad SDK Deru.

          Untuk menindaklanjuti program yang sudah dicanangkan maka lembaga telah membentuk tim Pembuatan Master Plan yang bertugas mengidentifikasi secara tekhnis anggaran yang kemudian dituangkan  dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) program pembangunan SDK Deru.

          Dengan demikian maka  tergambarlah berapa besar kisaran biaya yang dibutuhkan untuk mensukseskan pembangunan di SDK Deru.

 

IX. PENUTUP.

          Akhirnya dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang dimiliki, dengan rendah hati kami segenap komponen pendukung lembaga pendidikan Sekolah Dasar Swasta Katolik Boawae mengharapkan masukan kritik, saran dan dukungan baik moril maupun materil  dari berbagai pihak demi kemajuan mutu pendidikan SDK Deru .

 

                                                              Nunukae, 16 Maret  2020

 

Ketua Komite SDK Deru                                                      Kepala SDK  Deru

 

 

VINSENSIUS  BUPU BE’O                                         GASPAR  JAWA, S .Pd

                                                                                       NIP. 19620820 198409 1 003

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN RET-RET SISWA-SISWI KELAS VI SDK DERU TAHUN AJARAN 2019/2020

Kegiatan ret - ret siswa-siswi kelas VI SDK Deru di laksanakan pada tanggal 27 - 30 Pebruari 2020 selama 4 hari. Materi yang di kemas dalam berbagai kegiatan yakni : kegiatan ini dilaksanakan sebelum masa covid-19. A. Acara pembuka: Ibadat pembuka kegiatan Sambutan dari kepala sekolah Sambutan ketua tim ret-ret   B. Materi ret- ret :  1. Unlock Your Potential  2. Upgrade Your Life  3. Be Storong In Journey  4. Belajar kuat dari Yusuf  5. Living in next level  6. Enemies of your life  7. Built your charakter  8. Kesimpulan dan refleksi  9. Kegiatan selingan dari siswa C. Acara penutup 1. Ibadat Penutup 2. Pesan dan Kesan dari siswa 3. Pesan dan Kesan orang tua 4. Pesan dan kesan dari tim ret- ret 5. Sambutan penutup kepala Sekolah 6. Sayonara

Kegiatan Pelaksanaan Pembagian Laporan Pendidikan Situasi Covid 19

SDK DERU.COM ~~~ Pendidikan yang menggugah dan menggairahkan di tengah covid 19. Pertemuan penentuan kenaikan kelas.sumber.jack rettu.  Gembira ! kata itulah yang terpenting dalam dunia pendidikan. Faktor kegembiraan alat bagi guru untuk meningkatkatkan pencapaian belajar. Kita dapat mengingat kembali konsep belajar dari Ki Hajar Dewantara , tokoh pendidikan indonesia yaitu konsep belajar sambil bermain yang melahirkan kegembiraan. Semoga kita dapat mengingat kembali konsep belajar dari pemilik lengkap Raden Soewardi Soerjaninggrat yang menganjurkan agar mengajar apapun kepada anak didik dengan cara bermain agar tercipta suasana gembira.   Arahan sebelum pembagian laporan pendidikan Guru sedang menyiapkan laporan pendidikan untuk di bagi pada siswa.    Namun kenyataannya,seperti yang kita ketahui bersama kegembiraan itu  Walaupun dalam situasi pandemi covid 19 tidak menyurutkan semangat dan karya pelayanan seorang guru walaupun dalam kurang lebih 3 bulan terhambat kegiatan belaja